(Book) The Missing Rose by Serdar Ozkan



            Setelah membaca buku ini hingga selesai, saya baru bisa merasakan bagusnya buku ini secara keseluruhan. Idenya agak mirip dengan The Alchemist namun tidak sebagus itu. Tentang perjalanan spiritual, tentang mencari makna, dan tentang penemuan jati diri.
Jika The Alchemist mengajarkan kita untuk tetap berpegang teguh pada mimpi yang ingin kita raih dan tahan menghadapi berbagai godaan, maka ajaran buku ini sederhana: belajar mencintai diri sendiri agar bahagia. Tak perlu terpengaruh pada kata orang, apalagi menjadi seperti yang mereka inginkan.
                Ceritanya fokus pada perjalanan Diana dalam mencari saudara kembarnya Mary, yang baru ia ketahui dari surat ibunya setelah meninggal. Ia melakukan perjalanan itu bersama dengan petunjuk-petunjuk yang ditinggalkan Mary kepada ibunya melalui surat. Puncak perjalanan itu adalah sebuah taman mawar, di mana di sana konon Mary pernah belajar mendengarkan mawar.
                Selama membaca buku ini saya merasakan kesan mistis dan spritual, karena sulit memahami ada apa dan bagaimana dari segala sesuatunya. Persis seperti yang dirasakan Diana. Alur ceritanya tidak tertebak hingga membuat penasaran. Pun pesan-pesan yang disampaikan begitu dalam hingga harus dibaca berulang-ulang agar benar-benar paham maksudnya.
                Saya suka sekaligus tidak suka pada ending buku ini. Suka karena saya merasa lega setelah lelah mengira-ngira, ternyata cerita ini tidak berakhir seperti yang saya kira, dan juga karena perjalanan Diana yang penuh tanda tanya telah berakhir. Juga tidak suka, karena saat bagian akhir muncul, rasa-rasanya segala yang telah diceritakan sebelumnya menjadi sedikit di luar logika dan menimbulkan tanda tanya baru.
                Pun karena benar-benar fokus pada Diana, pemaparan tokoh-tokoh lain dan karakter-karakternya dalam buku ini tidak begitu dalam dan hanya sekadar lalu.
                Tapi terlepas dari kekurangan-kekurangan tersebut, saya suka dengan buku ini. Membacanya seolah menyuntikkan energi baru untuk diri sendiri dan saya sepakat dengan seluruh pesan yang disampaikan penulis. Very recommended!

Komentar